sosial-media-vs-website-alasan-mengapa-website-lebih-penting-joelouisrock-com

Social Media VS Website ? Anda pasti pernah berpikir seperti ini :” buat apa aku punya website sedangkan toko online di sosial media sudah banyak yang nge-like ?” ” Buat apa lagi aku harus keluar duit banyak untuk bikin desain website, sewa jasa SEO, panggil content writer untuk bikin tulisan kalau aku bisa bikin beberapa akun di sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat, LINE bahkan BBM ?”

Sosial Media VS Website : Ini Alasan Mengapa Website Lebih Penting !

Sosial Media lebih Mudah Menggunakannya

Anda tidak diwajibkan untuk tahu banyak tentang coding / scripting karena sosial media memang didesain untuk mudah digunakan oleh orang dari berbagai usia dan latar belakang pendidikan. Selain mudah, sosial media juga dapat memasarkan produk Anda ke seluruh dunia dengan target market yang dapat Anda kecilkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Contoh pada Facebook Ads, telah banyak orang yang berjualan baik menggunakan blog pribadi maupun website resmi dengan harga yang variatif.

Anda tidak bisa kontrol Sosial Media dengan iklannya.

Anda memang dapat beriklan di Facebook, Instagram dan sosial media lainnya dengan mudah tapi Anda tidak memiliki kontrol penuh atas apa yang Anda iklankan. Apakah Facebook benar-benar memasang iklan Anda sesuai dengan apa yang dijanjikan (misal dapat mencapai 1000 -2000 orang di wilayah Anda dan dengan budget sekian ) dan benar-benar memberikan laporan cakupan iklan secara orisinil ? Anda tidak tahu itu. Apakah Anda berharap Facebook dapat jujur terhadap jutaan orang yang memasang iklan di tempatnya ? You don’t know that.

Website Dapat Memberikan Rincian Iklan Anda secara detil

Berbeda dengan sosial media, website dapat memberikan laporan secara rinci dan detil tentang iklan mana yang efektif dan yang tidak serta iklan mana yang berpotensi untuk dilanjutkan. Sebagai fakta, website dapat memberikan bukti seperti alamat IP , jenis browser, dari negara mana, halaman mana yang sering dilihat, dan berapa orang yang berkunjung hari ini. Fakta inilah yang tidak dimiliki oleh sosial media sebagai bukti bahwa layanan iklan mereka efektif atau tidak. Contoh Facebook hanya memberikan laporan berapa orang yang melihat iklan Anda hari ini tanpa ada data tambahan yang dapat membantu Anda memutuskan apakah iklan Anda efektif atau tidak.

Website dapat bersaing secara sehat di mesin pencari.

Dengan teknis SEO yang baik, website Anda dapat berada di halaman 1 Google bahkan dapat bersaing dengan market place sekelas aliexpress, tokopedia, elevenia, lazada dan lainnya. Kenapa ? Karena mesin pencari seperti Google memiliki aturan tersendiri yang harus diikuti (algoritma) dan selama Anda mengikuti algoritma mereka , maka Anda dapat dipastikan berada dihalaman pertama mesin pencari Google atau Bing.

Saran-saran

Sosial media VS website memberikan hasil signifikan yaitu website lebih penting dari sosial media. Saya menyarankan agar penggunaan sosial media hanya sebagai alat marketing penunjang dimana klien / calon klien tetap tergiring untuk mengunjungi website Anda. Masukkan semua produk Anda di website Anda (bukan di sosial media ) dan tampilkan hanya produk-produk unggulan Anda di sosial media.

Jangan bergantung pada sosial media tetapi fokuskan marketing Anda pada website Anda karena website Anda adalah representasi bisnis Anda. Desain website Anda dengan indah dan gunakan white hat SEO agar Anda dapat bersaing di mesin pencari dalam tempo singkat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 3 =

ORDER VIA WHATSAPP