Telah Dibaca oleh: 38

Mengapa Susah Live Jualan Online di Facebook 2021 ? Ini Musti Kamu Tahu

mengapa susah live jualan online - joelouisrock com

Mengapa susah live jualan di Facebook 2021 ? Mungkin ribuan penjual menunggu jawaban pasti untuk pertanyaan tersebut. Bahkan tidak sedikit pula pengguna Facebook bahkan tertipu mengeluarkan uang ratusan ribu untuk menjadi anggota grup-grup ratusan ribu anggota demi bisa live didepan calon customer. Kenyataannya adalah grup-grup live online dengan jumlah ratusan ribu anggota tersebut tidak mampu memberikan audience seperti yang diharapkan. Sudah jatuh tertimpa tangga pula !
Saya terpanggil untuk menuliskan artikel ini karena begitu banyak grup-grup live online yang mengambil keuntungan besar-besaran dari keanggotaan mereka sedangkan

faktanya adalah :

A. Facebook adalah media sosial yang gratis dan Facebook adalah jejaring media sosial ( bukan lapak jualan )
B. Grup -grup Facebook yang mereka buat juga gratis
C. Pada saat Facebook mengadakan perubahan besar-besaran pada sistem merkea, admin grup-grup ini tidak mampu berbuat apa apa padahal mereka sudah men-charge tiap anggota 50-100 ribu per bulan.
D. Admin grup-grup live jualan online ini menuliskan bahwa grup tersebut adalah untuk umum dan siapa saja bisa posting tapi kenyataannya dibelakang layar, tiap anggota dikenai biaya keanggotaan yang besar yaitu 50 ribu hingga 100 ribu per bulan
E. Grup-grup live juaan online ini dengan berkedok memberi kenyamanan kepada anggota jualan live karena banyak penipu dan biar tidak kena spam, mereka melegalisasi premanisme ( mengapa saya sebut premanisme ? karena apabila ada anggota yang tidak bayar / belum bayar , postingan anggota yang live langsung dihapus )
F. Admin grup-grup live jualan online tidak punya hak sama sekali untuk memonetisasi fitur-fitur milik Facebook yang diberikan gratis.
G. Para penjual ive online banyak yang mendapatkan profit besar-besaran dari jualan di Facebook sedangkan Facebook tidak diuntungkan sama sekali secara finansial

Jadi disini saya ingin mencoba menjawab pertanyaan : mengapa susah live jualan online di Facebook 2021 dengan fakta-fakta yang dapat dilihat di perubahan sistem Facebook, analisa pengguna FB dan 

Mengapa live jualan online di Facebook susah sekarang ? Jawabannya adalah sebagai berikut :
1. Facebook telah mengadakan perubahan besar-besaran pada algoritmanya dan algoritma tersebut tidak ada yang tahu ( sama seperti algoritma Google )
2. Algoritma inilah yang mengatur sistem postingan dan bagaimana postingan ini bisa terjangkau ke banyak orang
3. Algortima sistem Facebook yang canggih mampu mendeteksi pelanggaran aturan Community Standard dalam bentuk image / gambar , audio , maupun video. Hal inilah yang sering tidak disadari oleh para penjual live online sehingga mereka terindikasi melakukan spam dan kemudian di banned selama beberapa hari , minggu bahkan diblokir oleh FB.
4. Apabila admin grup-grup live jualan online mengatakan bahwa FB pusat sedang error karena FB sedang memperkenalkan fitur baru , itu adalah kebohongan besar.

Jadi apakah yang harus dilakukan oleh pengguna FB agar live jualan online bisa dapat penonton banyak ? Inilah yang sebenarnya harusnya dilakukan ( jika para penjual / seller di Live Facebook mau sedikit belajar ) :
1. Buat satu fanpage untuk jualan produkmu di Facebook
2. Tambahkan LIKE untuk fanpagemu ( bukan LIKE pada postingan ) dan juga tambahkan followernya hingga diatas 1000
3. Notifikasikan para anggota fanpagemu tentang jadwal LIVE hari ini dengan tujuan agar mereka mau memberikan waktunya dalam menyaksikan sesi LIVE kamu.
4. Pada saat kamu mau live jualan di FB, cek pencahayaan ( harus cukup terang ) , test audio / suara kamu dapat terdengar jelas dan cek hasil tangkapan video dari kamera / HP kamu apakah blur atau jelas.
4. Pada saat kamu akan LIVE, LAKUKAN LIVE DI FANPAGEMU (bukan di grup-grup besar ) dan pada saat awal LIVE mulailah membagikan live kamu ke grup-grup tersebut.
5. Pada saat membagikan ke grup-grup, lakukanlah hanya pada 1 atau 2 grup besar saja dengan jeda sekitar 15 – 20 menit. Apabila kamu membagikannya langsung ke banyak grup, Anda terindikasi melakukan SPAM dan akan kena strike dari FB

Perlu kamu ketahui juga mengapa Facebook merubah algoritmanya sehingga merugikan para penjual live onine di FB ? Alasannya adalah karena :
1. Facebook ingin mengembalikan core businessnya yaitu sebagai media jejaring sosial ( bukan lapak jualan atau panggung politik )
2. Facebook tidak diuntungkan sama sekali pada saat para pedagang memindahkan bisnisnya ke FB dan jualan secara live. Sebaliknya para penjual meraup untung hingga ratusan juta rupiah tanpa ada berinvestasi pada bisnis Facebook.
3. Facebook berusaha mendorong setiap penggunanya untuk membesarkan fanpage masing-masing yang tentunya akan terhubung pada Iklan Facebook / Facebook Ads. Hal inilah yang menguntungkan Facebook secara finansial karena kamu harus mengeluarkan uang untuk membesarkan fanpage jualan kamu.

Mudah-mudahan tulisan saya ini cukup bisa dimengerti dan kamu yang mungkin sebagai penjual bisa merubah cara kamu LIVE jualan online di Facebook.

Tentang JoeLouisRock

jasa pembuatan website | jasa desain website | desain powerpoint | in house training bahasa Inggris | jasa desain logo & poster digital | perbaikan website

Copyright © 2019, JoeLouisRock All rights reserved. Designed and SEO engineered by JoeLouisRock